Minggu, 30 September 2018

PROFIL BATIK TENGAH SAWAH PACITAN

BATIK TENGAH SAWAH PACITAN.
Alamat : Jl. Dewi Kilisuci 23 Ds Wiyoro
              Ngadirojo, Pacitan.

       IKM batik ini berdiri pada tahun 2003, diawali dengan menang lomba  desain batik di Kabupaten Pacitan, sejak saat itu banyak pesanan berupa desain batik baik perorangan maupun perkantoran .
Batik Tengah Sawah kebanyakan memproduksi batik tulis dengan desain sendiri yang mana pendesainnya Bp. Budi Raharjo dan ibu Toni Retno.

       Desain batik kebanyakan berupa flora fauna khas Pacitan dengan menampilkan buah Pace sebagai motif ciri khas Pacitan. Selama perjalanan membuat batik setiap tahun hampir selalu mengikuti lomba desain batik khas Jawa Timur dan selalu mendapat nominasi 10 besar, dari  hasil lomba tersebut batik Tengah Sawah telah memiliki 11 motif batik yang telah terdaftar di HAKI,.diantaranya berjudul Sawung Gerong, Peksi Gisik Lorok, Satriya Pinilih, Sawung Cahya Buana, Sawung Krida Mukti, Sawung Ronabaya, Daya Sabagya, Danakirti Bantar Angin , Sri Mayanti, Pace Tawang Wetan ,                                                                                        Panji Laras, dll.



Showroom batik ada di kediaman dan rumah produksi batik Tengah Sawah, menampilkan motif-motif terbaru khas Pacitan dengan desain sendiri.
                                                           
                                                         









                                                   Proses pewarnaan batik Tengah Sawah
 menggunakan pewarna sintetis dari Naptol dan   Indigosol, sedangkan   pewarna alam menggunakan  daun-daunan yang ada disekitar daerah Pacitan,   khusus warna biru ( indigoesvera ) masih    mendatangkan dari luar Pacitan,  proses pembuatan batik dengan yang menggunakan 1 kali pelorotan  dan ada yang 2 kali pelorotan                             
 Selain memproduksi batik tulis dan batik cap  dengan mendesain sendiri motif batiknya, Batik                                                                                            Tengah Sawah juga melayani pelatihan baik secara   kelompok maupun perorangan, menerima Study  Banding PRAKERIN ( Praktek Kerja Industri )  yang dilakukan oleh siswa SMK  dengan materi  batik dengan 1 kali pelorotan  2 kali pewarnaan,   batik dengan 2 kali pelorotan  4 kali pewarnaan,   batik pewarna alam. baik kain batik untuk             selendang  maupun bahan baju dan kain panjang. 






       Pengembangan batik Pacitan khususnya baik dari kalangan pelajar maupun ibu rumah tangga dan kelompok kader KB dan  PKK  lebih diutamakan tidak menutup dari daerah lain untuk belajar membuat batik juga dilayani.





Melatih menggunakan canting pada kelompok ibu-ibu rumah tangga maupun kelompok Kader PKK, dengan mengganti bahan dan instruktur biasa dilakukan di Batik Tengah Sawah Pacitan. Materi pelatihan tergantung permintaan , ada yang hanya belajar membuat desain sampai membuat pola batik baik untuk baju maupun asesoris. ada juga yang hanya belajar untuk pewarnaan batik baik pewarna sintetis maupun pewarna alami.





Kegiatan pelatihan yang diadakan oleh MGMP Guru Seni Rupa se Jatim, bekerja sama dengan Batik Tengah Sawah Pacitan, materi membuat selendang dengan motif kontemporer.







                                                                                     


Mengikuti lomba desain tingkat Propinsi Jatim th 2017. Kategori Guru ( Budi Raharjo) juara 1, kategori pelajar ( Imanuella) juara 1, kategori Umum ( Toni Retno ) juara 3.






Mengikuti pameran baik di tingkat Propinsi Jatim ( Surabaya ) maupun di tingkat pusat ( Jakarta )
     



Tidak ada komentar:

Posting Komentar